Posted in Education, Tips

5 Langkah Untuk Yang Ingin Melanjutkan Sekolah (ke Luar Negeri)

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah impian banyak orang. Pendidikan tidak hanya sarana untuk mendapatkan ilmu dan gelar akademik. Pendidikan juga merupakan kesempatan untuk meningkatkan cara berpikir, menambah pengalaman, serta  membangun jaringan dengan lebih banyak orang.

Sayangnya, banyak kendala yang dihadapi seseorang ketika ingin melanjutkan sekolah S2 dan S3. Salah satu kendalanya adalah biaya. Tidak dapat dipungkiri bahwa sekolah S2 dan S3, apalagi di luar negeri, membutuhkan biaya yang sangat besar. Tabungan kita selama bekerja bertahun-tahun bisa jadi tidak akan cukup untuk membiayai kuliah S2 yang hanya 1 atau 2 tahun, apalagi S3 yang mencapai 4 tahun. Beruntungnya saat ini ada banyak sekali program beasiswa. Apalagi, informasi beasiswa tersebar dan pendaftaran dapat dilakukan secara online. Serba mudah.

Mungkin sebagian dari Anda bingung tentang apa yang harus dilakukan ketika ingin sekolah lagi ke jenjang S2 atau S3. Mari berpikir step-by-step. Apa yang lebih dulu harus dilakukan? Apa yang harus dipersiapkan? Bisakah beasiswa didapatkan secara instan?

Saya katakan instan tidaknya tergantung dari level Anda sekarang. Level yang saya maksud adalah misalnya bagaimana kualitas bahasa Inggris atau pengalaman komunikasi bahasa asing Anda ketika  bercita-cita sekolah ke luar negeri? Pernahkah mencoba menulis motivation letter atau study plan? Pernahkah mengikuti seleksi beasiswa sebelumnya? Itu semua menentukan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa.

5 hal yang harus Anda lakukan untuk memulai perjuangan lanjut sekolah adalah:

1. Jika ingin sekolah ke luar negeri, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan skor kemampuan Bahasa Inggris atau bahasa asing yang dibutuhkan

Ini saya taruh di nomor 1 karena merupakan syarat mutlak studi ke luar negeri dan butuh usaha cukup ekstra dan jangka waktu tidak sebentar untuk mendapatkannya. Kalau Anda belum yakin dengan kemampuan bahasa atau skor IELTS/TOEFL belum baik, maka cobalah kursus. Alternatifnya, belajarlah sendiri dan mencoba tes berulang kali sampai mendapat skor yang diinginkan.

Biaya tes mahal? Jika hal itu yang dijadikan alasan, buang jauh-jauh impian sekolah ke kampus berkualitas di luar negeri. Biaya tes memang mahal, tapi itu adalah sebuah investasi. Pernahkah Anda coba hitung biaya tes IELTS/TOEFL dibandingkan dengan berapa uang yang akan Anda dapatkan jika mendapat beasiswa? Bisa 100 sampai 1000 kali lipat. Katakan biaya 1 kali tes adalah 3 juta. Beasiswa bisa jadi memberikan uang lebih dari 300 juta dalam bentuk pembayaran biaya kuliah dan biaya hidup.

Jadi, jangan pernah ragu untuk kursus, belajar, dan tes bahasa.

2. Kumpulkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran sekolah dan beasiswa

Ijazah dan transkrip masih tersimpan? KTP? Sudah punya paspor? Surat rekomendasi? Surat keterangan sehat? Proposal penelitian?

Akan ada banyak sekali dokumen yang perlu dikumpulkan dalam proses pendaftaran sekolah atau beasiswa. Maka kumpulkanlah dengan rapi semua berkas pokok seperti KTP, ijazah, transkrip nilai. Selain itu, mengusahakan dokumen yang merupakan syarat pendaftaran kuliah terkadang perlu kelincahan. Lincah dalam arti kemampuan menyiapkan dokumen (misalnya yang berbentuk essay atau tulisan pribadi) dalam waktu yang singkat. Atau, meminta surat rekomendasi dari mantan pembimbing skripsi dan atasan tempat bekerja. Jika ada dokumen yang belum Anda miliki atau belum pernah membuatnya, usahakan Anda dapatkan atau pelajari bagaimana membuatnya.

3. Bagi yang akan S3, coba-cobalah mencari Profesor sebagai pembimbing

Tahap ini agak gampang2 susah. Kirimkan email request ke beberapa profesor sekaligus. Jika ada proyek penelitian didanai misalnya yang terpublikasi di jos.ac.uk atau academicpositions.eu, apply saja. Siapa tahu walau tidak terpilih sebagai mahasiswa yang didanai, Profesor yang terlibat dalam penelitian tersebut tertarik dengan profil Anda. Ketika ada profesor yang tertarik, cobalah berdiskusi hingga dia setuju menjadi calon pembimbing dan bersedia membantu mendapatkan Offer Letter atau Letter of Acceptance dari kampus.

4. Lakukan pendaftaran ke kampus tujuan

Pada dasarnya, proses pendaftaran ke kampus adalah proses di mana kita perlu menginputkan data-data diri Anda dan memenuhi semua dokumen yang disyaratkan. Proses akan berjalan mulus ketika kita sudah mempunyai sertifikat bahasa, calon pembimbing bagi yang S3, statement of purpose atau motivation letter, dan calon pemberi rekomendasi. Proses pendaftaran biasanya diawali dengan membuat akun pendaftaran dan melengkapi data secara online.

Tahap pendaftaran ke kampus di luar negeri membutuhkan banyak isian formulir dan korespondensi dalam bahasa inggris. Nah, pastikan kita terbiasa berkomunikasi melalui email dalam bahasa Inggris. Target kita dalam pendaftaran ke kampus adalah untuk mendapatkan letter of offer atau letter of acceptance dari kampus tersebut.

5. Cari beasiswa

Pemberi beasiswa adalah pihak yang bermaksud berinvestasi dengan memberi jaminan finansial pada studi kita. Bagaimana mungkin pemberi beasiswa ingin memberikan uangnya jika kita dinilai tidak memiliki kemampuan untuk melanjutkan sekolah. Di sisi lain, kita juga harus meyakinkan kampus yang kita tuju bahwa kita mampu membayar biaya kuliah atau memiliki sumber pendanaan, misalnya dari beasiswa. Langkah ke 4 dan ke 5 ini dapat dibalik tergantung dari sisi mana kita ingin meyakinkan. Jika kita mencari beasiswa sebelum mendaftar kampus, maka kita harus yakinkan pemberi beasiswa bahwa kita memiliki kualifikasi yang cukup untuk mendaftar ke kampus tujuan.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s