Posted in Thailand, Tips

Panduan Mencari Tempat Tinggal di Thailand

Mencari tempat tinggal adalah hal utama yang kita pikirkan ketika harus menetap di luar negeri. Di negara lain, mencari tempat tinggal memiliki kendala dan tantangan tersendiri dibandingkan mencari tempat tinggal di negara sendiri. Contohnya adalah kendala bahasa dan jarak untuk berkomunikasi, ketidaktahuan terhadap daerah-daerah di negara tersebut, dan harga yang pas dalam memilih tempat tinggal.

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memiliki kebutuhan untuk menetap di Thailand. Pada umumnya, keperluan menetap di Thailand adalah untuk belajar, bekerja, atau magang di sebuah institusi. Ada ratusan warga Indonesia yang kuliah dan ribuan orang yang bekerja di Thailand. Ketika baru pertama kali akan berangkat ke Thailand, yang harus mereka pastikan adalah di mana mereka akan tinggal. Di artikel ini, saya akan berbagi pengalaman tentang mencari tempat tinggal seperti apartemen dan kos-kosan di Thailand.

Lokasi sangat menentukan harga

Jika anda harus menetap di Bangkok, persiapkan anggaran di atas 5000 Baht setiap bulannya untuk sewa kos/apartemen. Bangkok tidak jauh berbeda seperti Jakarta yang merupakan daerah ibukota di mana keperluan hidup lebih mahal dibandingkan daerah-daerah lain. Di daerah pinggir dan luar kota Bangkok, kos/apartemen seharga 3000 Baht per bulan masih mudah ditemukan. Namun, sangat sangat sangat sulit untuk menemukan tempat tinggal murah di pusat kota Bangkok. Jika budget anda tidak mencukupi, anda dapat tinggal berdua dalam sebuah apartemen dengan teman anda.

Perhatikan waktu minimal kontrak

Ketika pertama kali mendaftar untuk tinggal di sebuah apartemen, pengelola akan memberitahu lama tinggal minimal. Biasanya adalah selama 1 tahun, 6 bulan, atau 3 bulan. Artinya, anda harus menandatangani surat perjanjian kontrak ketika mendaftar, dan tinggal selama jangka waktu minimal yang disebutkan dalam surat kontrak.

Ada uang deposit kontrak yang wajib anda bayar dan akan dikembalikan ketika anda keluar

Uang deposit adalah uang perjanjian kontrak yang harus anda bayar di awal ketika akan menempati sebuah kos/apartemen. Biasanya adalah sebesar 6000 hingga 10000 Baht untuk kontrak 1 tahun. Apa gunanya? Jika anda meninggalkan apartemen di bawah lama tinggal minimal yang disetujui dalam surat perjanjian, maka uang deposit ini tidak dikembalikan. Selain itu, jika anda menyebabkan kerusakan parah di ruangan yang anda tempati, uang deposit ini juga akan diambil sekian persen sesuai kerusakan. Jika anda tinggal secara baik-baik saja, maka uang ini pasti dikembalikan kepada anda ketika anda keluar dari kos/apartemen tersebut.

Umumnya, kos/apartemen di Thailand sudah dilengkapi perabotan

Tidak perlu khawatir dengan perabotan kamar. Anda tidak perlu membeli kasur, meja, kursi, dan sebagainya. Dari pengalaman saya, yang perlu disiapkan hanyalah seprei, kain gorden, dan kipas angin. Di dalam sebuah kos/apartemen sudah disediakan kasur, kursi, meja, lemari, AC dan bahkan kulkas dan TV pada beberapa apartemen yang biaya sewanya lebih mahal.

Barangkali, ada sebagian orang yang berpikir untuk mencari kos yang kosongan (tanpa perabotan sama sekali) sehingga biaya sewanya sangat murah. Tetapi sayang, saya belum pernah mendengar, melihat, dan menemukan kos/apartemen semacam ini di Thailand.

Ilustrasi Kos2an 3800 Baht per bulan, lokasi di tepi utara Bangkok
Ilustrasi Kos2an 3800 Baht per bulan, lokasi di tepi utara Bangkok

Ada banyak website yang menyediakan list kos/apartemen di Thailand lho

Banyak dari kawan-kawan dari Indonesia yang bingung ketika akan mencari kos/apartemen. Apa yang harus dilakukan pertama kali. Bertanya kepada orang yang sudah tinggal di Thailand pun akhirnya akan merepotkan ketika anda tidak tahu mau tinggal di apartemen apa daerah mana. Kalau anda sedikit ingin kreatif, coba browsing kos/apartemen di website-website berikut:

Dalam bahasa Thai, kos/apartemen/hostel adalah “horpak” atau “hongpak”

www.horpak4u.com, www.horpak.in.th, www.horpakthai.com, www.horpakdd.com, www.hongpak.in.th

Khusus daerah Thammsat University: www.horpaktu.com

Websitenya berbahasa Thai? Coba buka Google translate dan copy paste link tersebut dengan penerjemahan Thai –> English. Pilih tempat tinggal sesuai area kampus atau tempat anda bekerja.

Tampilan horpak4u.com yang dibuka dengan Google translate
Tampilan horpak4u.com yang dibuka dengan Google translate

Coba hubungi kontak apartemen yang tersedia pada website tersebut dan bertanya

Tidak perlu ragu untuk menelpon, chat via Line, atau email saja pemilik kos/apartemen. Kontak yang tertera pada website adalah pemilik kos/apartemen yang sudah terbiasa memasarkan apartemennya dan mampu berbahasa Inggris.

Semoga bermanfaat.

7 thoughts on “Panduan Mencari Tempat Tinggal di Thailand

  1. Wah, kamarnya familiar bgt mas,,,
    Ini d golf kan ya? Kalau iya, kita tetanggaan…
    Masih d Thailand kah?saya dan suami sudah menempati golf view rangsit sejak mei 2013..

    Like

  2. Hallo Mas Adi,

    Saya Adam, pengalaman kerja 15thn di Jakarta. Kebetulan saya akan ambil offer untuk bekerja di thailand/bangkok di bidang telekomunikasi. Namun karena saya hanya pernah ke thailand beberapa kali untuk leisure, jadinya masih awam sama sekali bout thailand/bangkok.

    Mungkin mas Adi bole bantu beberapa hal yg ingin saya ketahui.

    1. Apakah ada komunitas Professional WNI yg kerja di thailand? Apakah sering ngumpul?

    2. Kira2 kalau saya membutuhkan serviced apartement di dalam kota dengan harga yg cukup apakah ada rekomendasinya? (Max 10000) Lebih bagus kalau ada rekan2 dari indonesia juga disana.. Hehehe

    3. Selain MRT, apakah transportasi menggunakan taxi disarankan? Apakah harganya reasonable e.g. Taxi sangat2 mahal kalau disingapore. Or mungkin ada ojeg bookingan kayak dijakarta? Or maybe UBER?

    4. Untuk urusan makanan mudah2an bisa adjust asal ga ada haramnya. Setahu saya ada kampung jawa muslim yah disana? Mas adi pernah kesana? Apakah ada komunitasnya?

    5. Rekomendasi tempat2 hangout selain yg emang udah ngetop selain soi cowboy, Nana or patpong, ada ga sih yang ga terlalu kayak “gitu” disana? Hehehe need to maintain work – life balance.

    6. Kira2 ada ga yah rekan2 WNI yang bisa bantu/asisst untuk nemenin survey cari apartmen, mandu route transportasi, kasi tau tempat2 makan and hangout yg enak…. service fee is not a problem

    Maap banyak nanya….

    Like

  3. mohon bantuannya mas mbak, ada gak kamar kos yg murah di daerah kedutaan besar belanda bangko (maaf g tau alamatnya) yg bisa disewa 1 bulan? saya berkesempatan magang disana mas mbak. terima kasih

    Like

  4. Makasih infonya, cukup melegakan sy yg masih agak worry ut ke thailand melanjutkan studi, akan sgt membantu jika nantinya bs dp info lebih banyak dr teman2 yg sdh pernah lebih dl tinggal di Thai๐Ÿ™๐Ÿป

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s