Posted in Tips

Singkronisasi Data Secara Online

Saat ini, data bagaikan harta yang sangat berharga. Bayangkan apabila anda sedang memiliki pekerjaan penting untuk kantor atau pekerjaan perkuliahan. Kemudian tanpa anda sadari laptop anda rusak atau bahkan dicuri orang. Solusi model lama adalah dengan memback up data-data penting tersebut ke piranti lain seperti ke harddisk eksternal atau flashdisk setiap selesai bekerja. Sayangnya, cara tersebut sangat membosankan karena harus memback up manual berulang-ulang. Solusi yang sedikit lebih baru adalah dengan mengupload data-data anda ke email dan menyimpannya sebagai draft. Dengan cara ini, data akan aman tersimpan, tetapi kapasitasnya sangat terbatas dan juga membosankan karena harus mengupload manual berulang-ulang.

Bagi orang-orang yang sangat paham akan IT, tentu hal ini bukan masalah besar. Tulisan ini memberi tips kepada pembaca awam bagaimana agar data-data kita tersimpan secara online (di internet) dan juga offline (di komputer) tanpa perlu menguploadnya secara manual. Bagi teman-teman yang sedang mengerjakan laporan, skripsi, atau tesis, hal ini sangat penting untuk dilakukan. Bagaimana langkah-langkahnya?

Gunakan media-media penyimpanan online. Saat ini sudah banyak sekali layanan-layanan penyimpan data secara online, seperti dropbox, google drive, skydrive, 4shared, mediafire, dan lain-lain. Sebagian dari mereka mampu melakukan singkronisasi data di komputer dan data yang tersimpan online secara otomatis. Caranya untuk memiliki fasilitas ini di komputer anda sebenarnya sangat mudah, namun memang masih banyak orang yang belum mengenalnya.

1. Pastikan anda memiliki akun pada dropbox atau google drive

Untuk registrasi dropbox lakukan di sini, sedangkan untuk google drive anda cukup memiliki 1 akun google seperti gmail. Jika belum, maka lakukan di sini. Jika anda sudah memili akun, maka lanjutkan ke step 2.

2. Unduh aplikasi dropbox untuk komputer anda.

Klik pada tautan berikut: Dropboxย ย  Google Drive

3. Setelah selesai mengunduh, lakukan instalasi.

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh dropbox atau google drive.

4. Setelah proses selesai, akan ada folder khusus yang dapat anda gunakan sebagai folder tersingkron.

Folder dropbox
Folder dropbox
Folder google drive
Folder google drive

Tempatkan folder tersebut sesuka anda, dan segala sesuatu yang anda taruh di dalamnya akan tersimpan dengan file-file online yang ada di akun dropbox atau google drive anda. Ingat! Pastikan anda memiliki koneksi internet yang lancar, karena setiap kali anda mengubah isi file di komputer anda maka singkronisasi online akan segera dilakukan.

Data-data yang tersingkronisasi online dalam folder dropbox
Data-data yang tersingkronisasi online dalam folder dropbox

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s