Mengkompresi Ukuran File pdf

Di era digital saat ini, kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan dokumen tidak lagi menggunakan kertas. Segala bentuk dokumen seperti formulir pendaftaran, laporan, bukti-bukti transaksi, dan sebagainya didistribusikan dan dikelola dalam bentuk file. Format pdf seringkali digunakan karena populer, serta memiliki tampilan yang tidak berubah ketika dibuka di perangkat apapun. Namun, ada sebuah masalah yang kerap dihadapi pada saat berurusan dengan dokumen berbentuk pdf, yaitu masalah ukuran file yang relatif besar.

Dokumen pdf yang baik memiliki ukuran yang kecil namun dapat terbaca dengan jelas (layak)

Ketika melamar kerja, pernahkah anda menemukan persyaratan bahwa dokumen Curriculum Vitae yang anda upload ke email tidak boleh melebihi 300 atau 500 KiloByte (KB)?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan adanya persyaratan ukuran file. Pertama,  ada keterbatasan server dalam fungsi penyimpanan file. Kedua, ukuran file yang kecil akan mepercepat proses transfer upload/download sehingga memudahkan pekerjaan pengelola file tersebut. Ketiga, pemberi syarat hanya ingin menjaga ukuran file dalam batas kewajaran. Karena bisa saja file pdf hanya berupa 1 lembar dokumen namun ukurannya mencapai 50MB. Tentunya hal tersebut sangat tidak diinginkan.

Penyebab utama ukuran file pdf menjadi besar adalah gambar

Umumnya, pdf dihasilkan melalui scanner dan software pembuat dokumen seperti Ms. Word, Open Office dan sebagainya. Ketika menyertakan gambar dalam dokumen yang ingin dijadikan pdf, seringkali gambar tersebut memiliki resolusi yang masih terlalu tinggi. Padahal, tingkat resolusi tinggi hanya dibutuhkan jika ingin mencetak atau melihat dokumen secara sangat detil. Akibatnya, ketika mengeksport dokumen ke dalam format pdf, ukuran pdf pun menjadi besar dan kurang wajar. Ketika membuat dokumen pdf dan memasukkan gambar, pastikan anda mengecilkan ukuran file gambar-gambar tersebut terlebih dahulu.

Terkadang file pdf sudah berukuran kecil, namun perlu dikecilkan lagi

Jika anda memiliki pdf seukuran 500KB, namun anda diminta file yang tidak lebih dari 300KB, berarti anda perlu mengecilkannya lagi. Jika demikian, anda harus menggunakan tool yang cepat dan mudah untuk mengatasinya. Banyak software yang mampu mengecilkan atau mengompres ukuran file pdf, namun software tersebut adalah software berbayar alias tidak free. Namun jika ada yang free terkadang proses pengompresan menimbulkan watermark yang mencantumkan nama software yang digunakan.

Gunakan online tool untuk mengkompresi ukuran pdf

Daripada harus menginstall software untuk mengecilkan ukuran pdf, anda dapat memanfaatkan koneksi internet anda untuk melakukannya. Tidak perlu bingung, gunakan pengompress online dari Neevia Technology. (bukan promosi)

Klik tautan berikut –> http://convert.neevia.com/pdfcompress/

Tampilan Neevia

Tampilan Neevia

1. Atur tingkat pengompresan,

2. Pilih file yang akan dikecilkan ukurannya (Select file).

2. Klik upload & Compress

4. Tunggu prosesnya, dan download file pdf yang dihasilkan.

Neevia tidak hanya mampu mengecilkan ukuran pdf, tetapi juga dapat digunakan untuk menggabung-gabungkan file pdf atau mengubah file berformat lain ke format pdf. Selamat mencoba!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s