Posted in Thailand

Jangan Lakukan Ini di Thailand

Thailand adalah sebuah negara dengan adat ketimuran yang mirip seperti Indonesia. Kesopanan dan saling menghargai antar sesama adalah suatu nilai tata krama yang sangat dijunjung tinggi di Thailand. Ketika berada di Thailand anda akan terbiasa melihat seseorang memberikan salam dengan menguncupkan tangan di depan wajah dengan kepala yang sedikit menunduk, atau yang lebih dikenal dengan “wai”. “Wai” adalah cara sopan untuk melakukan salam di Thailand khususnya kepada orang yang lebih tua. Ada beberapa hal-hal yang sangat dilarang untuk dilakukan jika anda berada atau tinggal di Thailand, diantaranya:

1. Jangan mengkritik keluarga kerajaan (The Royal Family)

Walaupun hanya bersendagurau atau bercanda, jangan sampai anda mengkritik, mengolok-olok hal-hal tentang keluarga kerajaan. Orang Thailand memperlakukan The Royal Family dengan penuh hormat dan penghargaan.  Bersikaplah menghormati sebagaimana mereka.

2. Jangan mengarahkan kaki anda ke seseorang atau sesuatu

Kaki adalah sesuatu dengan tingkat paling bawah yang sangat rendah kedudukannya. Ketika duduk, kadang kita merasa mudah untuk menyentuh atau menunjuk sesuatu atau bergurau menggunakan kaki kepada teman. Jangan pula mengarahkan telunjuk kepada orang lain. Lakukan dengan telapak tangan terbuka sehingga terlihat lebih sopan.

3. Jangan menyentuh seseorang di kepala

Kepala memiliki kedudukan tertinggi bagi setiap orang, yaitu digunakan untuk berpikir. Maka menyentuh kepala seseorang adalah sangat tidak sopan.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak hal-hal lain yang sebaiknya tidak dilakukan di Thailand. Misalnya adalah jangan berbicara terlalu cepat. Orang Thailand terbiasa berbicara dengan lambat karena karakteristik bahasa mereka. Walaupun anda berbicara bahasa Inggris, berbicaralah dengan pelan dan jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman. Semoga bermanfaat bagi anda yang hendak ke Thailand.

3 thoughts on “Jangan Lakukan Ini di Thailand

  1. Hi Adi,

    saya lagi mencari pekerjaan dithailand menggunakan website seperti jobsdb, tetapi seperti nya saya kesulitan Mengenai hal tersebut, saya sampai saat ini belum mendapatkan kesempatan untuk interview, mohon saya dibantu advice mengingat bulan depan saya akan berangkat ke Thailand. Apakah ber pengaruh ketika apply dr Indonesia? Alamat dan Nomer telepon saya yg saya guna kan untuk apply pekerjaan adalah alamat dan Nomer telepon Bangkok ketika saya berada disana. Mohon bantuannya terima kasih

    Like

    1. Kalau perusahaan butuh pasti akan memanggil kandidat dengan email atau telepon. Mungkin memang profilnya kurang sesuai dengan yang perusahaan inginkan.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s